Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual dan Poster terhadap Perilaku Ibu Primipara dalam Manajemen Laktasi

  • Maghfirotus Sholehah Universitas Nurul Jadid
  • Kholisotin Kholisotin Universitas Nurul Jadid
  • Zainal Munir Universitas Nurul Jadid
Keywords: Health Education, Lactation Management, Exclusive Breast Milk

Abstract

ASI merupakan cairan emulsi lemak yang dihasilkan dari kelenjar mamae pada ibu menyusui. Ibu primipara yang memberikan ASI tidak tahu tentang cara menyusui dengan benar dan tidak mengetahui cara memerah ASI. Pendidikan kesehatan manajemen laktasi pada ibu primipara penting untuk merubah perilaku ibu primipara yang menyusui. Media yang digunakan audio visual dan Poster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual dan poster terhadap perilaku ibu primipara dalam manajemen laktasi. Desain penelitian ini mengggunakan quasi eksperiment dan menggunakan rancangan penelitian two group pre-posttest design dengan jumlah sampel 40 responden ibu primipara, 20 kelompok audio visual, 20 kelompok poster. Analisa data yang digunakan Uji Wilcoxon dan Independent T test. Hasil yang diperoleh ada perbedaan perilaku sebelum dan sesudah dilakukan penddidikan kesehatan (p =0,00). Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok audio visual dan poster dengan nilai (p = 0,77), dengan Kesimpulan dari hasil penelitian adalah Ada pengaruh perilaku ibu primipara dalam manajemen laktasi sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan pada kelompok audio visual dan poster. Tidak ada perbedaan efektifitas pendidikan kesehatan terhadap perilaku ibu primipara dalam manajemen laktasi pada kelompok audio visual dan kelompok poster.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriany. (2016). Perbandingan efektifitas media penyuluhan poster dan kartun animasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, 1(1), 65–72.
Dian Ramawati, Lutfatul Latifah, E. R. (2013). EFEKTIVITAS MODUL UNTUK MANAJEMEN LAKTASI PASCA MELAHIRKAN, 8(1), 49–55.
Harahap ILW. (2013). Pengaruh media visual dan cetak pada pengetahuan gizi, sikap, dan perilaku ibu terhadap sarapan sehat anak sekolah di SDN terpilih Kota Depok tahun 2013.
Kantohe, Z. R., Vonny N. S. Wowor, & Gunawan, 2Paulina N. (2016). Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak, 4, 7–12.
Kholisotin, (2017). The Effectiveness Of Preclampsia Educational Package To The Knowledge, Attitude, And Skill Of Pregnant Women At Risk Of Preeclampsia In Situbondo, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Kusmiati, S. (2007). Dasar-dasar Perilaku. Jakarta: Depkes RI
.Maritalia, D. (2017). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas. Yogyakarta: Gosyen.
Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. ( soekidjo Notoatmojo, Ed.) (2010th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyono, dwi sunar. (2009). Asi Ekslusif, pengenalan, praktik, dan kemanfaatan-kemanfaatannya. Yogyakarta: diva press.
Rahmawati, I., T. Sudargo, dan I. P. (2007). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan pengetahuan, Sikap Balita Gizi Kurang dan Buruk Dikabupaten kota Waringin Barat Propinsi Kalimantan Tengah, 4, 69–77.
Roesli. (2008). Manajemen Laktasi. jakarta: ikatan dokter indonesi.
Roihatul Zahroh, M. I. L. (2014). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Motivasi Ibu Primipara Dalam Memberikan Asi, 5(1), 56–62.
Sartono, A. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibu , Pendidikan Ibu dan Dukungan Suami dengan Praktek Pemberian Asi Eksklusif di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Telogosari Kota Semarang, 1(November), 1–9.
Sarwono. (2000). Teori- teori psikologi sosial. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Satino, yuun setiyorini. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Primipara Di Kota Surakarta Satino, Yuyun Setyorini.
Sriyono. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Masyarakat tentang Ikan Berformalin Terhadap Kesehatan Masyarakat, Faktor Exacta, 8(1), 79–91.
Suliha. (2002). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Timur, P. J. (2017). PROVINSI JAWA TIMUR.
Waldani, D., Rasyid, R., & Agus, Z. (2016). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Perubahan Perilaku Kebiasaan Sarapan Pagi Murid SD Negeri 05 Solok Selatan Tahun 2016, 7(2), 176– 181.
Zakiyatul Ulya, Asep Iskandar, F. T. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster
Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi, 12(1), 38–46.
Zuhrotul Eka Yulis Anggraeni (2016). Evaluasi Managemen Laktasi Ibu Muda Di Posyandu Rambutan 5*, 6(2), 187–191
Published
2019-10-10