Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Orang Tua terhadap Motivasi untuk Melengkapi Imunisasi Lanjutan

  • Zaiful Rahman Universitas Nurul Jadid
  • Zainal Munir Universitas Nurul Jadid
  • Wiwin Nur Siam Universitas Nurul Jadid
Keywords: Path Analysis, Simple Random Sampling, Sweeping

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya angka bayi dan balita yang berstatus imunisasi lengkap, antara lain sikap dan pengetahuan orang tua. Melalui penelitian ini diharapkan karakteristik orang tua dan karakteristik anak dapar teridentifikasi, selain itu pengaruh pengetahuan dan sikap orang tua tentang imunisasi terhadap motivasi untuk melengkapi imunisasi lanjutan pada anak usia 1824 bulan di Kecamatan Pujer juga dapat diketahui. Metode yang digunakan adalah analisis jalur dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak baduta. Sampel yang digunakan sebanyak 81 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan dan sikap orang tua terhadap motivasi dalam melengkapi imunisasi anak baduta adalah sebesar 76,6%, sedangkan 23,4% lainnya dijelaskan oleh faktor lain. Pengetahuan dan sikap orang tua secara langsung berpengaruh signifikan terhadap motivasi, pengetahuan orang tua secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan imunisasi lanjutan anak baduta, namun sikap dan motivasi orang tua berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, petugas kesehatan diharapkan bisa lebih aktif memberikan sosialisasi dan konseling serta mempunyai jadwal sweeping bagi sasaran-sasaran yang belum lengkap status imunisasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Kennedy, K. LaVail, G. Nowak, M. Basket, & S. Landry, (n.d.). Confidence About Vaccine in The United States : Understanding Parents' Perceptions. Strategies For The Decade of Vaccines
Dinas Kesehatan Bondowoso, 2019, Profil Dinas Kesehatan Bondowoso Tahun 2018. Bondowoso, Dinas Kesehatan Bondowoso
J. Donsu, 2017, Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
M. Olpinski ,2012, Anti-Vaccination Movement and Parental Refusals of Immunization of Children in USA. Pediatra Polska, 381-385.
N. Hidayah, H. M. Sihotang, W. Lestari, 2017, Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Tahun 2017.
O. Yaqub, S. Castle-clarke, N. Sevdalis, and J. Chataway, “Social Science & Medicine Attitudes to vaccination : A critical review,” Soc. Sci. Med., vol. 112, pp. 1–11, 2014.
S. Hindun, 2009, Hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan status kelengkapan imunisasi dasar pada balita di wilayah kerja puskesmas Swakelola Gandus palembang. Palembang : Politekhnik kesehatan palembang.
S. Notoadmojo, 2003, Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip dasar. Jakarta : Rhineka Cipta.
W. Mubarak, 2011, Promosi kesehatan. Yogyakarta: Graha ilmu.
Z. Munir, 2017, Analisis pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Pekerjaan terhadap Motivasi Orangtua dalam Kualitas Perawatan Anak dengan HIV/AIDS. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Z. Munir & F. Romadhoni, 2019, Pengaruh Pendidikan Dan Pekerjaan Orangtua Dengan Tingkat Kepatuhan Arv Pada Anak HIV / AIDS. Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 2, 131– 135
Published
2019-10-08